Manfaat Arugula, Si Hijau Berkhasiat


Mungkin kita merasa asing ketika mendengar nama tumbuhan arugula. Memang tak sepopuler bayam, kangkung, dan sawi, tapi tumbuhan arugula sebenanya tidak sedikit digunakan dalam sekian banyak masakan, lho. Anda bisa dengan gampang menemukannya pada makanan-makanan barat, laksana salad atau topping pizza. Berdasarkan keterangan dari studi, arugula berisi tidak sedikit nutrisi yang baik untuk kesehatan, salah satunya kulit Anda. Jadi, apasih guna tanaman arugula guna kulit? Yuk, cari jawabannya inilah ini.

Khusus guna kesehatan kulit, tumbuhan aragula memiliki sejumlah manfaat, seperti:

1. Mencegah dan mengobati peradangan pada kulit

Manfaat tumbuhan arugula yang lumayan melimpah, mulai dari menangkal penyakit kanker, makanan sehat guna diabetesi, dan dirasakan efektif dalam mengobati gangguan kulit. Berdasarkan keterangan dari sebuah studi tahun 2009, ekstrak biji arugula diketahui berisi senyawa organosulfur yang mempunyai sifat antikanker dan antiradang.

Senyawa pada arugula yang mempunyai sifat antiradang ini dapat menangkal sekaligus mengobati eksim. Eksim ialah peradangan yang mengakibatkan kulit gatal, merah, pecah-pecah dan terasa kasar andai disentuh. Kulit yang bermasalah ini dapat terjadi di mana saja, umumnya di dekat tangan, leher, lipatan siku dan lutut, serta wajah. Jika digaruk, kulit dapat terluka dan berisiko dengan infeksi.

Di samping itu, kandungan methylthiobutylisothiocyanate juga dapat menekan perkembangan keratinosit (zat penyusun rambut, kulit, dan kuku) sampai-sampai dapat mengobati psoriasis.

Psoriasis adalahgangguan autoimun yang mengakibatkan sel-sel kulit bereproduksi paling cepat, menumpuk, dan menyusun bercak keperakan. Itulah potensi tumbuhan arugula sehingga lumayan populer dipakai pengobatan masalah kulit tradisional di Timur Tengah.

2. Mencegah penuaan dini

Di samping kaya dengan vitamin, tumbuhan arugula pun berisi tidak sedikit antioksidan, laksana carotenoid yang dinamakan dengan lutein dan zeaxanthin. Kombinasi vitamin dan antioksidan tersebut dapat memperlambat penuaan dengan menangkal terbentuknya kerutan dan bintik hitam.

Antioksidan dari arugula dapat mencegah radikal bebas dari polusi atau penyampaian sinar matahari. Kemudian, vitamin A dan vitamin C dapat memicu pembentukan kolagen yang mengawal tetap sehat dan kenyal. Di samping itu, kolagen pun sangat urgen dalam proses pengobatan luka. Itu artinya, luka di kulit bakal lebih cepat pulih.

Manfaat Arugula, Si Hijau Berkhasiat