Perhatikan 4 Hal Ini Saat Ingin Melakukan Jual Beli Motor

Perhatikan-4-Hal-Ini-Saat-Ingin-Melakukan-Jual-Beli-Motor

Jual beli motor menjadi kegiatan yang seringkali dilakukan baik itu saat motor telah rusak maupun saat sudah bosan dengan desainnya. Namun, dalam hal jual maupun beli motor, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan lakukan. Dengan begitu, Anda dapat melakukan proses jual beli yang baik dan benar. Selain itu, jual beli yang Anda lakukan tidak akan membuat Anda menyesal nantinya. 

Perhatikan ini Saat Melakukan Jual Beli Motor 

Berikut adalah hal-hal yang tidak boleh dilewatkan ketika melakukan transaksi jual beli motor. 

1. Membandingkan Harga Jual dan Beli Motor 

Membandingkan harga jual dan beli sebuah motor adalah faktor yang sangat penting diperhatikan. Jangan sampai saat Anda membeli sebuah motor dengan harga mahal ataupun menjual motor dengan harga yang murah. Hal itu tentunya akan membuat Anda rugi saat melakukan jual beli ini. Sehingga solusinya adalah dengan mencari melalui sumber internet mengenai harga jual maupun harga beli motor. 

Beberapa orang seringkali pula tidak memperhatikan faktor harga ini. Dan menjual motor dengan harga mahal. Sehingga motor yang dijual tidak cepat laku. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui harga jual yang ditawarkan di pasaran sehingga harga yang Anda tawarkan dapat bersaing dengan harga di pasaran. 

2. Kondisi Motor 

Kondisi motor sangat perlu diperhatikan saat ingin membeli motor bekas. Hal ini karena motor bekas sudah pernah digunakan sebelumnya, lain halnya dengan motor baru. Jangan sampai saat Anda ingin membeli sebuah motor dengan harga yang mahal tetapi ternyata kondisinya tidak sesuai dengan harganya. Sehingga Anda perlu melihat secara langsung kondisi motor yang akan dibeli nantinya. 

3. Desain Motor 

Desain motor menjadi faktor penting saat jual beli motor baik itu motor baru maupun motor bekas. Desain motor menjadi hal yang harus disesuaikan dengan selera Anda. Selain itu, desain motor itu harus disesuaikan dengan bentuk tubuh Anda. Hal ini dikarenakan agar saat Anda mengendarai motor dapat digunakan dengan nyaman. 

Desain motor yang ramping atau yang lebar akan menentukan kenyamanan pengendara saat berkendara. Jika Anda memiliki tubuh yang ramping, gunakanlah motor dengan desain yang ramping pula. Jangan sampai menggunakan motor yang memiliki desain lebar jika Anda memiliki tubuh ramping karena itu akan membuat Anda kesulitan saat mengendarai motor. 

4. Kelengkapan Surat-Surat 

Kelengkapan surat-surat sangat perlu diperhatikan saat membeli motor bekas. Motor bekas biasanya ada yang tidak lengkap surat-suratnya. Selain itu, terkadang pula surat-suratnya sudah tidak berlaku. Hal ini pasti akan merugikan Anda nantinya. Tidak lengkapnya surat-surat kendaraan kemungkinan besar motor tersebut merupakan barang curian. Oleh karena itu, kelengkapan BPKB dan faktur motor, STNK, dan Plat harus diperhatikan. 

Selain memperhatikan kelengkapan surat-suratnya, Anda juga perlu melihat apakah surat-surat tersebut masih berlaku atau tidak. Hal ini terkhusus untuk STNK dan Plat Motor. Pastikan bahwa pajaknya telah dibayarkan secara rutin. Karena jika tidak dibayarkan rutin, maka pajak yang belum dibayarkan beserta dendanya harus juga Anda bayar sehingga akan menambah harga dari motor yang Anda beli. 

Itulah hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan transaksi jual beli motor. Dengan melakukan hal di atas, maka Anda akan lebih mudah membeli atau menjual motor dengan cara yang tepat dan tidak merugikan. Dan hal ini tentunya akan dapat membantu Anda menemukan ataupun menjual motor yang sesuai keinginan Anda.

Perhatikan 4 Hal Ini Saat Ingin Melakukan Jual Beli Motor