Yuk Bersih-bersih Sofa Sebelum Jadi Sarang Jamur


Debu bisa dengan mudah beralih tempat terbawa oleh angin dan mencemari rumah, khususnya pada sofa. Anda barangkali menyadarinya saat Anda menepuk-nepuk sofa, debu-debu yang menempel bakal berterbangan dan menciptakan hidung kita gatal, hendak bersin, dan batuk.

Di samping debu, sofa yang kotor pun penuh dengan kuman. Sayangnya, kita tidak dapat melihatnya jelas dengan mata telanjang. Belum lagi, sofa gampang ditumbuhi jamur sebab jarang di jemur di bawah matahari, menciptakan kain sofa jadi lembap. Tentu saja, lokasi sofa yang lembap jadi tempat kesayangan jamur guna tumbuh. Akibatnya, sofa akan diisi oleh bintik-bintik hitam, kuning, atau hijau keabuan dan berbau apak (tidak sedap).

Semakin lama dibiarkan, sofa akan bobrok dan kesehatan Anda pun jadi bermasalah, laksana alergi atau asma pulang kambuh. Itulah sebabnya mencuci sofa sangat urgen Anda kerjakan secara berkala.

Cara mencuci sofa supaya bebas dari kotoran

Di samping merusak sofa, baik debu, kuman, dan jamur pun dapat megancam kesehatan tubuh kita dan keluarga. Supaya urusan ini tidak terjadi, kita perlu mengawal keberisihan sofa. Berikut ada sejumlah cara mencuci sofa yang dapat Anda lakukan di rumah.

1. Bersihkan sofa dengan benar

Selama ini, barangkali Anda mencuci debu di sofa dengan memakai kemoceng. Namun, tindakan itu tidak ampuh untuk mencuci kuman maupun jamur. Supaya sofa benar-benar bersih, perhatikan sejumlah langkahnya, seperti:

Pindahkan sofa terbit rumah, di halaman misalnya. Kemudian, beri alas bawah sofa dengan koran. Ini menghindari debu dan kotoran lainnya mencemari rumah atau beralih ke perabotan beda di dalam ruangan.

Siapkan perangkat dan produk pembersih, laksana sikat, sabun cair, spons, wadah, cuka putih, amonia, alkohol, dan semprotan fungisida. Jangan lupa pakai sarung tangan.

Cara mencuci sofa dari jamur guna kesatu kali ialah sikat lokasi yang berjamur sampai terlihat bersih.

Campur 1 liter air hangat dengan 1/2 sendok sabun cair ke dalam wadah. Bahan itu dapat kita ganti dengan alkohol dengan cuka putih atau air dengan amonia dalam dosis yang sama.

Kemudian, aduk sampai rata dan masukkan spons. Lalu, oleskan pada unsur sofa yang berjamur guna menghilangkan jamur. Kemudian, bilas spons dengan air dan pulang gosok ke sofa sampai bersih.

Biarkan sofa mengering di bawah sinar matahari dan semprotkan fungisida.

2. Jaga sofa supaya tetap kering

Setelah kering, telah saatnya Anda mengolah tempat kita meletakan sofa. Letakkan sofa di sekitar jendela untuk menangkal kain sofa menjadi lembap. Sekaligus membunuh kuman dan jamur tertentu. Jika sofa kita basah sebab tumpahan air, segera keringkan dengan menjemurnya di luar lokasi tinggal atau meggunakan kipas angin.

3. Jangan lupa, bersihkan secara rutin

Membersihkan sofa tidak melulu menjelang lebaran, tapi mesti membersihkannya secara berkala. Lakukan penyedotan debu seminggu sekali. Sementara menjemur sofa, dapat Anda sesuaikan dengan keinginan, sangat tidak satu bulan sekali.

Yuk Bersih-bersih Sofa Sebelum Jadi Sarang Jamur