5 Manfaat Menggunakan Mainan Squishy

5-Manfaat-Menggunakan-Mainan-Squishy

Si kecil hobi memainkan game online di gadget yang bisa memicu dampak negatif pada perkembangannya? Anda mungkin patut khawatir sehingga wajib mencari solusi permainan yang lebih edukatif. Salah satu jenis mainan yang bisa mengalihkan perhatian anak adalah squishy

Manfaat Menggunakan Mainan Squishy 

Selain harga yang lebih murah, permainan favorit anak-anak ini bisa memberikan manfaat positif lho! Yuk, simak 5 manfaat mainan yang terbuat dari spons dan bertekstur lembut ini! 

1. Melatih koordinasi motorik 

Manfaat pertama yang bisa didapatkan si kecil adalah bisa melatih koordinasi motorik halus. Manfaat fisik ini bisa didapatkan saat anak mencoba memijat, meremas atau mengubah bentuk mainan menggunakan jari dan tangan. 

Untuk anak-anak yang baru belajar menggenggam mainan, orangtua bisa mendampingi dan mengarahkan cara bermain yang tepat. Permainan ini bisa mendukung kemampuan indera peraba si kecil lebih optimal. 

2. Memberikan manfaat kognitif 

Tak hanya manfaat motorik halus saja, anak akan belajar banyak hal menggunakan mainan lembut ini. Ya, manfaat kognitif bisa membuat anak memiliki wawasan yang luas. Ada banyak bentuk mainan squishy sendiri seperti buah-buahan, sayuran, boneka dan lain-lain yang bisa memberikan ilmu baru. Orangtua bisa mengenalkan berbagai macam benda dengan cara yang lebih menyenangkan pada anak-anak. Keren, bukan? 

3. Memberikan manfaat linguistik dan komunikasi 

Mengajari si kecil belajar berkomunikasi dengan baik memang hal yang harus diperhatikan para orangtua. Pada dasarnya, anak memiliki sifat ingin tahu sehingga ia akan belajar banyak hal termasuk bahasa. Ia bisa belajar bahasa berbagai kata benda baru termasuk mencoba peran untuk menambah kosakata percakapan. Sebagai orangtua, Anda bisa mendampingi si kecil bermain sekaligus memberikan edukasi berbagai macam kata baru. Tidak menutup kemungkinan si kecil bakal lebih pandai berbicara dengan orangtua, saudara atau teman sebaya. 

4. Menyalurkan emosi 

Menyalurkan emosi dalam arti positif sangat baik untuk perkembangan mental si kecil. Bila si kecil mengalami rasa kesal, marah atau stress akibat tekanan psikologi lingkungan, ia bisa menyalurkan emosi dalam bentuk kreatif. Meremas atau memijat mainan lembut untuk menciptakan hasil karya baru merupakan langkah apresiatif mengontrol emosi sejak kecil. Setidaknya Anda memberikan wadah positif agar si kecil menjadi pribadi yang lebih baik. 

5. Belajar bersosialisasi dengan baik 

Manfaat positif lain yang bisa Anda dapatkan dari jenis permainan squishy adalah mengajak si kecil untuk belajar bersosialisasi dengan orang lain. Tidak ada salahnya memberikan kebebasan pada si kecil untuk bermain bersama teman-teman sebaya. Biarkan dia berkreasi sesuka hati termasuk belajar bekerja sama membuat hasil karya baru bersama teman, belajar mengalah hingga mencoba berbagi peran. Tentu Anda harus senantiasa mendampingi agar si kecil bisa bermain dengan nyaman. 

Nah, apakah Anda tidak ingin mengoptimalkan perkembangan si kecil dengan baik? Pastikan untuk memilih jenis mainan yang telah bersertifikasi SNI. Squishy yang terbuat dari bahan berkualitas dan aman tentu memberikan kenyamanan untuk si kecil. Jenis permainan yang aman dan bisa merangsang indera peraba anak bisa digunakan untuk anak-anak usia dibawah lima tahun, kok. Namun, pastikan Anda mengawasi si kecil yang baru saja memiliki kemampuan menggenggam mainan untuk menekan risiko yang tidak diinginkan. 

Yuk, pilih mainan yang memiliki nilai edukasi untuk perkembangan fisik dan psikis si kecil! Orangtua yang bijak pasti tahu bagaimana cara menekan dampak negatif penggunaan gadget untuk anak usia dini. Alihkan perhatian anak pada hal yang positif seperti bermain squishy yang menyenangkan ya!

5 Manfaat Menggunakan Mainan Squishy